BAB 1
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Individu
Individu berasal dari kata Yunani yaitu “individium” yang
artinya tidak terbagi. dalam ilmu sosial paham individu, menyangkut tabiat
dengan kehidupan dan jiwa yang majemuk, memegang peranan dalam pergaulan hidup manusia.
individu merupakan kesatuan terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan
sebagai manusia keseluruhan. maka dapat disimpulkan bahwa individu adalah
peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya.
Ciri ciri manusia sebagai makhluk individu yakni
seorang manusia atau pribadi yang merupakan kesatuan antar jasmani dan rohani. Dimana
setiap individu memiliki ciri yang brebeda-beda antara lain :
1. Ingin
mempertahankan hidup
2.
Memiliki hak hak yang berbeda
3.
Mempertahankan keturunan
4.
Memenuhi kebutuhan dan kepentingan diri demi kesejahteraan hidupny
|
|
B.
Pengertian Aptitude [Bakat]
Aptitude [bakat atau kecerdasan] adalah
kemampuan bawan yang mencakup intelenjensi, kecerdasan numerik, pemahaman
mekanik, dan ketangkasan manual, juga bakat bakat seperti kemampuan artistik,
teatri, imusik yang memainkan suatu peran penting dalam pemilihan karir. Teori
keberbakatan [anak berbakat].
Bakat adalah kemampuan yang merupakan sesuatu
yang merupakan sesuatu yang melekat dalam diri sendiri seorang, merupakan
bawaan sejak lahir dan terkait dengan struktur otak.
Menurut renzuli menarik kesimpulan bahwa yang
menentukan keterbakatan seseorang pada hakikatnya adalah tiga kelompok, ciri
ciri sebagai berikut :
a. Kemampuan
diatas rata rata
b.
Kreativitas
tinggi
Menurut sutratianah lebih lanjut mengungkapkan
karakteristik anak berbakat antara lain:
a. Memiliki tingkat insiatif, imajinasi
dan kreatifitas yang juga demikian tinggi
b.
Kemauan untuk
bekerja sendirian dalam jangka waktu yang lama.
Adapun ciri ciri keberakatan, anatara lain :
1.
Ciri ciri
inteletual belajar:
Mudah menangkap pelajaran, ingatan baik perdaharaan kata luas,
penalaran tajam berpikir logis- kritis, memahami hubungan sebab akibat, daya
konsetrasi baik perhatian tak mudah teralihkan, menguasai banyak bahan tentang
berbagai topik, senang dan sering membaca, ungkapan diri lancer dan jelas,
pengamat yang cermat
2. Ciri ciri kreatvfitas
Dorongan ingin tahunya besar, sering
mengajukan pertayaan yang baik, memberikan banyak gagasan dan usul terhadap
masalah, bebas dalam menyatakan pendapat, mempunyai rasa keindahan, menonjol
dalam salah satu bidang seni, mempunyai pendapat sendiri dan dapat
mengukapkannya serta tak mudah terpengaruh orang lain, daya imajinasi kuat.
3. Ciri ciri motivasi
Tekun menghadapi tugas dapat bekerja terus
menerus dalam waktu lama, tak berhenti
sebelum selesai, ulet menghadapi kesulitan tak lekas putus asa, tak
memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin mendalam bahan atau
bidang pengetahuan yang diberikan.
E. Teori Keberbakatan Gifted (Anak Berbakat Istimewa)
Pengertian Gifted
dari beberapa tokoh yang termuka :
1.
Renzuali
Gifted adalah anak memiliki
kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan
dalam setiap tindakan yang bernilai.anak anak yang mampu mewujudkan ketiga
sifat itu dimasyarakat memperoleh kesempatan pendidikan yang luas dan pelayanan
yang berbeda dengan program program pengajaran yang regular.
2.
Tirtonotonegoro
Gifted adalah suatu termologi bagi individu
yang mempunyai IQ atau tingkat kecerdasan lebih dari normal, IQnya antara
125-140. disamping itu mempunyai bakat yang istimewa yang menonjol dalam bidang
seni musik, drama, keterampilan dan keahlian dalam memimpin
3. P Marland (1972) (Komisi Pendidikan
As Sidney)
Gifted adalah anak yang memiliki kemampuan
luar biasa. mereka menghendaki program pendidikan yang sesuai atau
layanan melebihi sebagaimana diberikan secara normal oleh program sekolah
regular, sehingga dapat merealisasikan kontribusi secara bermakna bagi diri dan
masyarakatnya.
TEORI KEBERKATAN (ANAK BERBAKAT) DAN GIFTEN (ANAK BERBAKAT
ISTIMEWA)
. ANAK BERBAKAT
secara umum
anak berbakat diartikan sebagai anak yang memiliki tingkatan IQ tinggi dan
memiliki keterampilan tertentu. Menurut definisi yang dikemukakan joseph
renzulli (1978) anak berbakat memiliki pengertian:Anak berbakat merupakan satu
interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari
kemampuan umum dengan tingkatnya diatas kemampuan rata rata komitmen yang
tinggi terhadap tugas kreativitas yang tinggi.
ANAK BERBAKAT ISTIMEWA
Anak Anak
berbakat istimewa secara alami memiliki karakteristik ini mencakup beberapa domain
penting seperti domain intelektual kognitif domain presepsi emosi domain
motivasi dan nilai nilai hidup domain aktivitas serta domain relaksi sosial
MACAM MACAM
PENGUKURAN BAKAT
DIFFERENTIAL APTITUDES TEST (DAT)
DAT masuk sebagai test special
aptitude yang mana dikhususkan untuk mengukur bakat secara spesifik. Test IQ
dipandang sudah tidak memadai lagi dalam mempreduksi ketetapan kemampuan
seseorang hal tersebut dilatar belakangi dengan makin sadar para ahli psikologi
bahwa kemampuan mental tidak terdiri oleh satu faktor saja, tapi banyak faktor.
jadi dibutuhkan tes yang mengukur bermacam macam faktor ini, dan tidak
menghasilkan skor tunggal saja tapi juga beberapa skor sesuai dengan kemampuan
yang diukur
GENERAL APTITUDE TEST BATTREY(GATB)
disusun oleh Charles E.odell dari
united states employes services. test ini digunakan untuk konselling pekerjaan
distates employment service office office.
Gatb termasuk tes bakat pada
umumnya, test bakat dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1.Test special aptitude terfokus
pada suatu bakat saja. misalnya mengukur bakat dibidang teknik mekanik, bakat
pekerjaan tertentu (klerifikal)dsb.
2. Bateries test: terdiri dari
senjumlah test dapat diperoleh analisis profil untuk seseorang individu(intra
individu).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar