Rabu, 06 Mei 2020

LAPORAN MAGANG III IAIN BENGKULU


LAPORAN KEGIATAN PPL KEPENDIDIKAN 3
DI SD NEGERI 160 SELUMA
DESA LOKASI BARU KECAMATAN AIR PERIUKAN
KABUPATEN SELUMA



OLEH :
NIKEN PURNAMA SARI
          NIM. 1611260008



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU
TAHUN 2019

PENGESAHAN
Laporan ini telah diperiksa dan disahkan pada:
Hari                 :
Tanggal           :


Dosen Pembimbing Lapangan





Hj. Asiyah, M.Pd
NIP.196510272003122001
Bengkulu,  September 2019
Guru Pamong




Romdiyah, S.Pd
NIP. 19620914 198204 2 002


Mengetahui,
Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris




Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd
NIP. 196903081996031005
Kepala Sekolah,




Tetty Sitompul, M.Pd
NIP. 19640525 198411 2 002







KATA PENGANTAR
Bismillaahirrahmaanirrahiim        
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan akhir Program Pengalaman Lapangan ( PPL) yang telah dilaksanakan di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma ini tepat pada waktunya.
            Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Rasullullah Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan inspirasi bagi setiap umat yang membuat praktikan dapat menyusun laporan ini dengan baik.
Laporan akhir ini menggambarkan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan praktikan dan sebagai acuan sejauh mana praktikan telah menerapkan ilmu yang didapatkan di perkuliahan.
          Pada kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.        Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH selaku Rektor IAIN Bengkulu
2.        Dr. Zubaedi, M.Ag. M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu
3.        Hj. Asiyah, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan PPL di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
4.        Tetty Sitompul, M.Pd sebagai kepala SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
5.        Romdiyah, S.Pd selaku guru pamong PPL di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
6.        Dewan guru dan Staf Tata Usaha di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
7.        Rekan-rekan mahasiswa PPL II di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
8.        Siswa-siswi tercinta di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma
9.        Ayah dan ibu tercinta
10.    Semua pihak yang telah membantu hingga laporan ini dapat di selesaikan dengan baik yang tidak bisa disebut satu persatu.
     Penulis menyadari dalam pelaksanaan PPL ini masih banyak kekurangan yang jauh dari kesempurnaan  untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran.
Demikianlah laporan ini dibuat dengan lancar dan baik yang Insya Allah seperti yang diharapkan.

Lokasi Baru,      September 2019
Mahasiswa Praktikan,
                 

Niken Purnama Sari

















DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI............................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
1.      Latar Belakang............................................................................................ 1
2.      Masalah....................................................................................................... 1
3.      Tujuan......................................................................................................... 2
BAB II LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI DI SDN 160 SELUMA.......... 4
1.    Situasi dan Kondisi...................................................................................... 4
a.    Situasi dan Kondisi Sekolah................................................................... 4
b.     Riwayat Singkat Berdirinya Sekolah..................................................... 6
c.     Denah Gedung....................................................................................... 7
d.    Prosedur Penggunaan dan Pemeliharaan Fasilitas Sekolah.................... 7
2.    Pengelolahan Kelas...................................................................................... 7
a.    Pengaturan Tempat Duduk..................................................................... 7
b.    Pengaturan Perabot Kelas....................................................................... 8
c.    Tata Ruang Kelas.................................................................................... 8
3.    Pelaksanaan Tugas Guru/Pendidikan........................................................... 8
a.    Jumlah Guru/Petugas Lainnya................................................................. 8
b.    Tugas Guru.............................................................................................. 9
c.    Tugas Karyawan dan Tugas Lainnya...................................................... 10
4.    Keadaan Siswa............................................................................................. 11
a.       Jumlah Siswa.......................................................................................... 11
b.      Kegiatan Siswa...................................................................................... 11
5.    Sarana dan Kebersihan Lingkungan Sekolah............................................... 12
a.    Pekarangan Sekolah................................................................................ 12
b.    Perpustakaan........................................................................................... 12
c.    Media untuk Pengajaraan Olah Raga, Kesenian dan Lainnya................ 12
d.   Pengadaan Air......................................................................................... 13
e.    Penerangan ............................................................................................. 13
f.     Warung (Kantin Sekolah)........................................................................ 13
g.    Kamar Kecil (Jamban)............................................................................. 13
6.    Kegiatan Teman-Teman Praktek.................................................................. 13

BAB III PELAKSANAAN PRAKTEK MENGAJAR....................................... 15
1.    Persiapan Mental.......................................................................................... 15
2.    Persiapan Tertulis......................................................................................... 16
3.    Media atau Alat bantu................................................................................. 17
4.    Metode Pembelajaran................................................................................... 18
5.    Praktek Mengajar......................................................................................... 19
6.    Evaluasi........................................................................................................ 21

BAB IV LAPORAN TEMUAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN...... 22
1.    Identifikasi Masalah..................................................................................... 22
2.    Langkah-Langkah yang ditempah mengatasi masalah................................. 23
3.    Hasil Pemecahaan masalah........................................................................... 24
4.    Analisa dan Tindak lanjut hasil pemecahan masalah................................... 25

BAB V PELAKSANAAN PRAKTEK NON TEACHING................................ 27

BAB VI PENUTUP................................................................................................. 28
A.  Kesimpulan ................................................................................................. 28
B.  Saran-Saran.................................................................................................. 29

LAMPIRAN-LAMPIRAN




BAB 1
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Laporan pendidikan dan Pengajaran adalah salah satu dari kegiatan kurikulum SI di Jurusan Sainsos Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Komponen ini harus mendapatkan perhatian yang serius karena praktek lapangan kependidikan merupakan pangkal di mana unsur setiap komponen kurikulum menyatu sehingga akan tampak wajah kependidikannya.
Pada laporan Pendidikan dan Pengajaran lebih ditujukan secara langsung terjun ke lapangan yang bertujuan agar mahasiswa Jurusan Sainsos lebih mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam menerapkan ilmu pengetahuan ke dalam lingkungan sekolah.
Tentunya dalam kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, peserta Pendidikan dan Pengajaran diharapkan mampu menjadi mediator langsung dalam rangka praktek ilmu pengetahuan dan pengembangan teori dan konsep yang telah dipelajari di lembaga formal. Akan tetapi, lebih menjadi harapan dengan adanya laporan pendidikan dan pengajran ini dapat membantu dan menunjang tujuan pembangunan bangsa, di antaranya meningkatkan kualitas manusia melalui dunia pendidikan.
Setelah melakukan Pendidikan dan Pengajaran di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma yang berlangsung dari tanggal 25 Juli sampai dengan  25 September 2019 maka dibentuklah laporan mengenai kegiatan yang dilakukan para peserta pendidikan dan pengajaran.
Di dalam laporan ini terdapat Iangkah-langkah kegiatan yang diawali dengan observasi dan pengumpulan informasi di lingkungan sekolah.

2.    Masalah
Hasil observasi yang telah kami laksanakan  selama satu minggu di tempat kami proses pengajaran dan pembelajaran yaitu  di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, banyak masalah yang kami temui antaranya adalah :
a.         Banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah, misalnya  baju tidak di masukkan kedalam, istirahat saat jam pelajaran, mengganggu atau bermain di saat proses pembelajaran dan pengajaran berlangsung dll.
b.        Banyak siswa yang ribut/sibuk dengan aktivitas sendiri ketika guru menjelaskan pelajaran atau ketika jam pelajaran sedang berlangsung.
c.         Kurangnya kesadaran siswa untuk mematuhi peraturan sekolah yang telah ditetapkan dll.
d.        Sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar yang kurang atau tidak layak ditempati, seperti ruang kelas belajar, media/prangkat pembelajaran, ruang laboratorium/tempat praktikum,dll.
e.         Kondisi sekolah yang masih dalam pembangunan menyebabkan disetiap kelas yang harusnya 2 ruangan dijadikan 1 ruangan sehingga 1 kelas bisa mencapai 49 orang, ini membuat tidak efektif dalam proses pembelajaran

3.      Tujuan
Adapun tujuan dari Praktik Pendidikan dan Pengajaran secara lebih spesifik lagi dapat kita ketahui adalah untuk memberikan latihan bagi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik agar mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik, hal ini meliputi:
a.         Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, dan sosial sekolah yang di tempati masing-masing tenaga pendidik.
b.        Melatih dan menerapkan berbagai keterampilan mengajar.
c.         Mampu menerapakan berbagai ilmu keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata.
d.        Memberikan pengalaman yang nyata tentang bagaimana mengajar yang sesungguhnya ketika berada di dalam kelas depan anak murid semuanya.
e.         Membantu peran guru yang berada di sekolah tersebut
f.         Ikut membimbing siswa-siswi dengan berbagai ilmu pengetahahuan dan pengalaman yang kita miliki.
g.        Menyiapakan mental dan kepercayaan diri ketika menjadi guru yang sebenarnya.
Dengan kata lain, bahwa Praktik Pendidikan dan Pengajaran juga bertujuan untuk membentuk calon pendidik yang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar serta sikap dan tingkah laku yang diperlukan untuk menunjang bagi kemampuan mahasiswa.





















BAB II
LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI SD NEGERI 160 SELUMA
DESA LOKASI BARU KECAMATAN AIR PERIUKAN
KABUPATEN SELUMA

1.        Situasi dan Kondisi
a.       Situasi Dan Kondisi Sekolah
Profil Sekolah
1. Identitas Sekolah
1
Nama Sekolah
:
SD NEGERI 160 SELUMA
2
NPSN
:
10701706
3
Jenjang Pendidikan
:
SD
4
Status Sekolah
:
Negeri
5
Alamat Sekolah
:
Lokasi Baru
RT / RW
:
0
/
0
Kode Pos
:
38577
Kelurahan
:
Talang Benuang
Kecamatan
:
Kec. Air Periukan
Kabupaten/Kota
:
Kab. Seluma
Provinsi
:
Prov. Bengkulu
Negara
:
Indonesia
6
Posisi Geografis
:
-3,9984
Lintang
102,7854
Bujur
3. Data Pelengkap







7
SK Pendirian Sekolah
:

8
Tanggal SK Pendirian
:
1981-01-01
9
Status Kepemilikan
:
Pemerintah Pusat
10
SK Izin Operasional
:
-
11
Tgl SK Izin Operasional
:
1910-01-01
12
Kebutuhan Khusus Dilayani
:

13
Nomor Rekening
:
301-02.01.00969-30
14
Nama Bank
:
BPD
15
Cabang KCP/Unit
:
SUKARAJA
16
Rekening Atas Nama
:
SD.N 160 Seluma
17
MBS
:
Ya
18
Luas Tanah Milik (m2)
:
7500
19
Luas Tanah Bukan Milik (m2)
:
0
20
Nama Wajib Pajak
:

21
NPWP
:

3. Kontak Sekolah
20
Nomor Telepon
:

21
Nomor Fax
:

22
Email
:
elta_juni@yahoo.co.id
23
Website
:

4. Data Periodik
24
Waktu Penyelenggaraan
:
Pagi/6 hari
25
Bersedia Menerima Bos?
:
Ya
26
Sertifikasi ISO
:
9001:2000
27
Sumber Listrik
:
PLN
28
Daya Listrik (watt)
:
900
29
Akses Internet
:
Telkomsel Flash
30
Akses Internet Alternatif
:
Telkomsel Flash
5. Sanitasi
31
Kecukupan Air
:
Cukup
32
Sekolah Memproses Air
:
Ya
Sendiri
33
Air Minum Untuk Siswa
:
Tidak Disediakan
34
Mayoritas Siswa Membawa
:
Ya
Air Minum
35
Jumlah Toilet Berkebutuhan
:
0
Khusus
36
Sumber Air Sanitasi
:
Sumur terlindungi
37
Ketersediaan Air di
:
Ada Sumber Air
Lingkungan Sekolah
38
Tipe Jamban
:
Leher angsa (toilet duduk/jongkok)
39
Jumlah Tempat Cuci
:
1
Tangan
40
Apakah Sabun dan Air
:
Tidak
Mengalir pada Tempat Cuci
Tangan
41
Jumlah Jamban Dapat
:
Laki-laki
Perempuan
Bersama
Digunakan
0
0
1
42
Jumlah Jamban Tidak Dapat
:
Laki-laki
Perempuan
Bersama
Digunakan
0
0
1

b.      Riwayat Singkat Berdirinya Sekolah
SD Negeri 160 Seluma berdiri pada tahun 1981 yang semula bernama SD Riset 1 Sukaraja dengan Kepala Sekolah Bapak Yakub A Yanuar. SD Negeri 160 Seluma berada di Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Berada sekitar 500 Meter dari Jalan Lintas Bengkulu-Tais.
SD Negeri 160 Seluma termasuk sebagai SD transit bagi anak-anak yang mengikuti orang tua karena disekitar lokasi merupakan daerah perkebunan, terkadang anak-anak pindah sesuai dengan pekerjaan orang tuanya.

c.       Denah Gedung
GERBANG
PERPUSTAKAAN









KANTOR
WC
KANTIN
LAPANGAN
 










d.      Prosedur Penggunaan dan Pemeliharaan Fasilitas Sekolah
Prosedur penggunaan fasilitas yang ada di SD Negeri 160 Seluma dengan cara sistematis dengan izin terlebih dahulu, penggunaan melalui kepala sekolah serta Sekolah juga kalau barang yang mau digunakan tidak terdapat disekolah serta memasukkan surat terlebih dahulu. Pemeliharaan fasilitas yang ada di sekolah dilakukan secara continue oleh semua pihak.

2.      Pengelolaan Kelas
a.       Pengaturan Tempat Duduk
Pengaturan tempat duduk dilakukan mulai pada waktu siswa melaksanakan piket, kursi dan meja di dalam kelas masing-masing sudah diatur. Dan setelah siswa-siswi masuk kelas pengaturan tempat duduk juga dilakukan berdasarkan dimana mereka duduk dengan anjuran para wali kelas atau guru yang mengajar. Tempat duduk ditata dengan menghadap kepapan tulis dan meja guru menghadap ke siswa.
Pengaturan tempat duduk siswa yang dilakukan oleh wali kelas maupun guru lainnya terus dilakukan. Ketika anak yang nakal, jarang mencatat, ribut, sibuk dengan aktivitas sendiri ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, tempat duduk mereka di pindahkan kedepan atau disatukan kepada siswa yang tidak banyak ulah/tidak ribut ketika belajar.
Akan tetapi yang menjadi permasalahan terkadang siswa yang sudah dipindahkan tempat duduknya, setelah jam pelajaran berganti kepada pelajaran yang lainnya mereka kembali lagi seperti formasi seperti biasa/lama. Bahkan pertemuan minggu depannya mereka tetap duduk dengan teman yang sering ribut ketika belajar ini tadi. Sehingga guru harus mengulangi lagi perintah untuk memindahka anak murid ini tadi, sehingga akan membuang waktu saja yang seharusnya sudah mulai belajar.
b.      Pengaturan Perabotan Kelas
Berdasarkan kelasnya masing-masing dibawah bimbingan wali kelas dan dibantu oleh pengurus kelas serta seluruh anggota yang piket setiap harinya. Setiap kelas masing-masing memiliki perabotan kelas yang terdiri dari white board yang dilengkapi spidol dan penghapusnya, terletak di depan kelas, satu buah taplak meja guru, dan pernak-pernik lainya.
c.       Tata Ruang Kelas
Untuk menata ruang kelas sedemikian rupa sehingga enak belajar, ini dilakukan oleh siswa sesuai dengan pengarahan dan bimbingan wali kelas serta juga guru-guru yang lain. Untuk mengatur ruangan ini diperlukan kreativitas dari para siswa yang duduk di kelas tersebut.

3.      Pelaksanaan tugas guru/ pendidikan
  1. Jumlah Guru/Petugas lainnya
No
Nama
Jabatan
Status Kepegawaian
Gelar Belakang
1
Arinda Wulan Dari
Guru Kelas

S.Pd
2
Dedi Maryon
Guru Kelas
Guru Honor Sekolah
S.Pd
3
Deni Agung
Guru Kelas
PNS
S.Pd
4

Elta Juniearsi
Guru Kelas
Guru Honor Sekolah
S.Pd
6.
Erna Nova
Guru Kelas
Guru Honor Sekolah
S.Pd
7
Ibnu Hajar
Guru Kelas
PNS
A.Ma.Pd, S.Pd
8
Ilistradewi
Guru Kelas
PNS
S.Pd
9
Lidiana
Guru Kelas
PNS

10
Martihera
Guru Mapel
Guru Honor Sekolah
S.Ag
11
Niyat
Guru Kelas
PNS
S.Pd
12
Romdiyah
Guru Kelas
PNS
S.Pd
13
Ruhini
Guru Kelas
PNS
S.Pd
14
Sukran
Guru Mapel
PNS
S.Pd
15
Tetty Sitompul.M.Pd
Kepala Sekolah
PNS
M.Pd

  1. Tugas Guru
Seorang guru tidak hanya mengajar (transfer of knowledge), tetapi juga sebagai pendidik (transver of knowledge) sehingga siswa tidak hanya pandai secara akal tetapi juga terbentuk dalam sikap dan tingkah laku yang mencerminkan norma dan nilai yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
Guru bertanggung jawab kepada sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
1)      Membuat RPP, program semester, program tahunan, KKM, dan rincian minggu efektif.
2)      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
3)      Melaksanakan kegiatan penilaian belajar semester dan tahunan.
4)      Mengisi daftar nilai siswa
5)      Melaksanakan analisis hasil evaluasi
6)      Melaksanakan kegiatan bimbingan guru dan kegiatan proses belajar.
7)      Menciptakan hasil karya seni.
8)      Mengikuti perkembangan kurikulum
9)      Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
10)  Mengadakan perkembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawab.
11)  Membantu kepala sekolah untuk membantu dalam pengelolaan program dan penyelenggaraan kegiatan sekolah.
Selain mengajar guru juga berfungsi sebagai guru piket. Adapun tugasnya guru piket yaitu mengecek keadaan siswa dan keadaan guru, atau mendata kehadiran siswa dan guru siapa-siapa yang hadir dan juga siapa yang tidak hadir. Dan guru juga bertugas mengontrol atau mengawasi siswa-siswinya di dalam lingkungan sekolah dan sebagainya.
  1. Tugas Karyawan dan Tugas Lainnya
Adapun tugas dari karyawan yaitu:
1)      Membantu pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar seperti: Menyiapkan sarana  dan prasarana yang dibutuhkan sekolah.
2)      Mengadakan pendataan siswa
3)      Membuat laporan keadaan siswa
4)      Mengelola sarana dan prasarana sekolah

4.      Keadaan Siswa
a.       Jumlah Siswa
KELAS
PUTRA
PUTRI
JUMLAH
I
24
23
47
II
16
19
35
III
25
24
49
IV
20
12
32
V
20
25
45
VI
22
22
44
JUMLAH
127
125
252
b.    Kegiatan Siswa
Siswa SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma menyelenggarakan kegiatan pendidikan di setiap harinya dari hari Senin sampai hari Sabtu,  dilaksanakan pada setiap hari senin sampai sabtu yang dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengn pukul 11.00 WIB untuk kelas 1 sampai dengan kelas 3, dan jam 13.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB dan masing-masing jam pelajaran terhitung selama 45 menit desngan Satu kali istirahat selama 15 menit. Pada hari senin proses belajar mengajar dimulai dari pukul 08.35 WIB sampai pukul 11.00 WIB karena pada hari senin sekolah melaksanakan upacara bendera merah putih sehingga pada hari ini terhitung mulai pukul 07.30 s.d 08.30 WIB.  Sedangkan untuk hari libur sebagaimana sekolah-sekolah lain yaitu hari Minggu.
Peraturan dari kepala sekolahnya jika siswa-siswi melakukan kesalahan atau berkelahi itu di catat buku pelanggaran (buku hitam) sekolah dan yang melanggar akan dikenakan sanksi atau hukuman sebagaimana mestinya.

5.      Sarana dan Kebersihan Lingkungan Sekolah
Sarana yang tersedia di SD Negeri 160 Kabupaten Seluma ini yaitu lapangan sepak bola/futsal, voly ball, dan lapangan upacara. Sekolah ini memiliki halaman yang luas sehingga kebersihan lingkungan masih dapat terkoordinir dengan baik.
a.       Pekarangan Sekolah
Pekarangan sekolah di SD Negeri 160 Seluma cukup luas dan memadai untuk kegiatan belajar mengajar di luar ruangan kelas, seperti kegiatan olahraga. Pekarangan tersebut dijaga dengan baik oleh siswa-siswi dan Guru-guru sekolah dengan mengadakan kebersihan. Kebersihan juga ditunjang dengan adanya sarana kebersihan yang lengkap, seperti sapu, ember, tempat sampah, sapu lidi, dan pengepel. Pekarangan sekolah selalu bersih, indah dan rapi dengan dihiasi tanaman dan bunga.
b.      Perpustakaan
Ruangan perpustakaan di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, di dalam perpustakaan terdapat beberapa sarana dan prasarana perpustakaan yang menunjang kenyamanan siswa dalam menggunakan fasilitas perpustakaan, yaitu berupa :
1)   1 Meja dan 1 kursi untuk tempat pengelola perpustakaan .
2)   Rak buku, buku disusun pada rak buku yang ada di mana disana terdapat berbagai buku ilmu pengetahuan, baik fiksi dan non fiksi, buku pelajaran, agama, kesenian, dan keterampilan.
c.         Media untuk Pengajaran Olahraga, Kesenian dan Lainnya
SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma memiliki media pengajaran olahraga seperti:
1)   Bola kaki/futsal
2)   Bola volley
3)   Kasur
d.        Pengadaan Air
Dalam pengadaan air di SD Negeri 160 Seluma menggunakan air sumur bor, Sehingga air di sekolah tidak pernah kekurangan dan semua murid dan dewan guru serta karyawan merasan nyaman dengan pengadaan air yang selalu bersih dan siap dipakai kapan saja digunakan.
e.         Penerangan
Dalam penerangan di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma sudah sangat sempurna, karena sudah menggunakan listrik yang berlangganan dengan pemerintah daerah Seluma, sehingga bisa digunakan kapan saja saat memerlukannya dan proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.
f.         Warung (Kantin)
Kantin yang ada di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma ada Lima unit yang di lengkapi dengan berbagai perlengkapan lainnya. Seperti meja, kursi dan lain sebaginya.
g.        Kamar  Kecil (Jamban)
Kamar kecil (jamban) merupakan tempat buang air kecil dan air besar untuk para guru dan murid. Kamar kecil (jamban) yang ada di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma ada  2 (Dua), yaitu satu untuk guru, dan satu untuk siswa. Jamban untuk siswa terletak di dekat kantin dan kesemuanya berfungsi dengan baik.

6.      Kegiatan Teman-Teman Praktek
Kegiatan teman-teman praktek Pendidikan dan Pengajaran  di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma tahun 2019, selain kegiatan praktek mengajar, juga membantu para guru yang berhalangan mengajar dan membantu apabila diminta mengawas, mengoreksi ulangan dan tugas anak-­anak didik.
Disamping itu rekan-rekan mahasiswa peserta Pendidikan dan Pengajaran SD Negeri 160 Seluma membantu dalam berbagai kegiatan, seperti ikut serta dan menjadi petugas dalam acara kultum dan akreditasi. Kemudian ikut membantu penertiban siswa/siswi yang menalanggar peraturan sekolah, dan ikut membimbing mereka dalam melaksanakan tugasnya dan lain sebagainya.
Teman-teman praktek Pendidikan dan Pengajaran juga menjalankan tugas yang diberi guru Bidang  Studi untuk membantu proses belajar mengajar sesuai dengan studi yang dipegang, seperti mengurus nilai, mengoreksi ulangan, sampai menganalisis hasil ulangan yang diadakan setiap bab yang telah ditentukan.
Kegiatan Laporan Pendidikan dan Pengajaran di SD Negeri 160 Seluma Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma telah mencapai target pengalaman di lapangan sesuai dengan pedoman Program Pengalaman Pendidikan dan Pengajaran. Hubungan antara teman-teman praktek dengan keluarga besar di SD Negeri 160 Seluma tidak hanya sebatas praktek mengajar saja, tetapi juga menjalin hubungan seperti halnya hubungan persaudaraan di rumah tangga. Begitu juga hubungan sesama teman sepraktek juga layaknya saudara sendiri dan masing-masing menyebut dengan sebutan Bapak atau Ibu, sama halnya guru-guru yang ada di SD Negeri 160 Seluma memanggil rekan kerja untuk memberi contoh agar anak didik mampu menirukan sikap tauladan guru.










BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK MENGAJAR

Pelaksanaan praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa Program Pengalaman Pendidikan dan Pengajaran di SD Negeri 160 Seluma yang berlangsung sekitar dua bulan, yaitu dimulai dari tanggal 23 Juli 2019 dan berakhir pada tanggal 24 September 2019. Pelaksanaan praktek mengajar oleh guru terfokus pada mata pelajaran Tematik Kelas III.
Proses mengajar tersebut dilakukan setiap hari tergantung jadwal yang diberikan pada setiap guru praktikan. Praktek mengajar diakhiri pada tanggal 24 september 2019. Pelaksanaan praktek mengajar merupakan tugas utama atau pokok bagi mahasiswa praktikan di samping kegiatan non teaching lainnya. Praktek mengajar juga perwujudan praktis dari teori-teori yang dipelajari oleh mahasiswa selama di kampus.
Pelaksanaan praktek mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan di SD Negeri 160 Seluma terdiri atas beberapa tahap:
1.      Persiapan Mental
Mental merupakan hal terpenting yang harus disiapkan oleh seorang guru ketika ia hendak mengajar. Mental yang dimiliki oleh seorang guru akan berpengaruh terhadap baik atau tidak dari penyampaian materi yang disampaikan. Meskipun guru tersebut cerdas, namun jika mental yang dimiliki oleh guru tersebut kurang maka bisa jadi materi yang disampaikan tidak akan maksimal. Bahkan bisa jadi guru tersebut tidak bisa berbicara secara leluasa di depan kelas sehingga yang ia lakukan hanya sekedar mencatat dan memberikan tugas semata saja tanpa memberikan penjelasan dan pemahaman kepada siswa.
Maka untuk menghadapi hal-hal yang demikian mahasiswa praktikan di  SD Negeri 160 Seluma sebelum mengajar di depan kelas, mentalnya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Persiapan mental ini dapat berupa kegiatan observasi yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan, mengisi jam kosong, ikut masuk ke kelas ketika guru pamong mengajar, serta berusaha untuk akrab dengan anak-anak.
Selama melakukan kegiatan observasi selama satu minggu, mahasiswa praktikan hendaknya sudah bisa membaca kondisi siswa, wataknya, serta khususnya siswa di kelas yang akan dia ajar. Selain itu juga, dengan mengisi jam kosong yang tidak ada gurunya dapat meningkatkan mental mahasiswa praktikan. Meskipun ketika masuk ke kelas ia tidak membawa RPP ataupun persiapan materi setidaknya ia bisa berkenalan dengan siswa-siswi.
Melalui perkenalan tersebut akan membuat mahasiwa praktikan dengan siswa-siswi dan perlahan-lahan akan mulai terbiasa dengan kondisi anak-anak di SD Negeri 160 Seluma. Ketika guru pamong masuk pada jam pelajarannya, guru praktikan juga bisa ikut masuk, sehingga para mahasiswa bisa mengetahui teknik yang digunakan oleh guru pamong ketika ia mengajar, bagaimana cara guru pamong dalam penguasaan kelas, serta cara menyampaikan materi pada anak-anak. Dengan melakukan hal-hal di atas akan mendongkrak mental para mahasiswa praktikan dalam mengajar di kelas.
2.      Persiapan Tertulis
Selain persipan mental yang harus disiapkan oleh guru praktikan, ia juga harus menyiapakan persiapan tertulis yang tidak kalah pentingnya. Persiapan tertulis merupakan perencanaan yang harus disiapkan oleh guru ketika hendak mengajar. Persiapan tertulis tersebut berupa:
a.       Rancangan minggu efektif
Meskipun mahasiswa praktikan yang mengajar hanya selama dua bulan saja, namun mahasiswa praktikan harus mampu membuat minggu efektif. Pembuatan minggu efektif akan berhubungan dengan program tahunan, semester, RPP, dan silabus. Sehingga, pembuatan minggu efektif ini akan berpengaruh terhadap RPP yang dibuat oleh guru praktikan.
b.      Rancangan program tahunan
Setelah berhasil menyusun  minggu efektif yang bersumber dari kalender akademik sekolah, maka selanjutnya guru praktikan harus merancang program tahunan. Program tahunan ini merupakan target sekaligus rancangan dari seluruh Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan diajarkan selama satu tahun.
c.       Rancangan progaram semester
Rancangan program semester merupakan perkembangan dari program tahunan. Pada program ini lebih terinci ke dalam pelaksanaan selama masing-masing enam bulan. Pada program semester ini juga telah terinci secara jelas bobot dari masing-masing SK dan KD, serta waktu pelaksanaan permasing-masing KD tersebut.
d.      RPP dan silabus
Setelah membuat rancangan program semester barulah guru praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus. RPP yang dibuat inilah yang akan dijadikan oleh guru praktikan tiap kali ia mengajar. Adapun yang termuat dalam persipan tertulis dari RPP ini ialah : KI dan KD yang telah ditetapkan dari standar isi, indikator, tujuan pembelajaran, materi pokok yang akan disampaikan, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber dan media belajar serta evaluasi.
Melalui persiapan-persiapan tertulis ini akan mengantarkan guru untuk mengajar dengan baik. Setidaknya melalui perencanaan tertulis yang telah disiapkan oleh guru tersebut akan memberikan arah bagi guru praktikan dalam menyampaikan materi, dari mana ia harus mulai, berapa waktunya, serta bagaimana teknik penyampaiannya.
3.      Media atau Alat Bantu
Media merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga materi bisa disampaikan secara efektif dan efisien. Media yang digunakan selama praktek mengajar berupa media yang sederhana, seperti media karton yang digunakan untuk menampilkan dalil-dalil dari materi yang disampaikan, media kartu yang dapat membantu siswa untuk mengingat materi yang telah disampaikan, ataupun media yang memang terdapat dan disediakan oleh pihak sekolah yang secara bebas digunakan oleh seluruh guru.
Media-media sederhana yang telah disiapkan oleh guru praktikan tersebut selama mengajar dinilai efektif serta membuat anak lebih mudah dalam menerima materi. Selain itu juga media-media yang dibuat tersebut semuanya berada di sekeliling kita sehingga mudah untuk dicari tanpa harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Dalam penyampaian materi lain juga menggunakan slide, infokus dan LCD.
4.      Metode Pembelajaran
Dalam menyampaikan materi ajar, guru praktikan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Setelah melakukan observasi pada satu minggu pertama, akhirnya guru praktikan menarik kesimpulan bahwa siswa/siswi SD Negeri 160 Seluma perlu metode pembelajaran khusus dalam menyampaikan mata pelajaran umum lainnya sehingga materi yang disampaikan terasa menarik dan tidak menimbulkan kebosanan. Maka selama mengajar satu bulan di Sd Negeri 160 Seluma guru praktikan menggunakan metode Pakem yang sifatnya tidak membosankan.
Selama proses pembelajaran berlangsung, guru praktikan berusaha untuk menggabungkan beberapa metode pembelajaran. Sehingga dengan adanya kombinasi dari beberapa metode tersebut akan membuat siswa tertarik terhadap materi yang dijelaskan. Selain itu juga, guru praktikan berusaha untuk memberikan contoh-contoh yang menarik kepada siswa yang berkaitan dengan pelajaran. Adapun metode pembelajaran yang disamapaikan oleh guru praktikan selama mengajar ialah:
a.       Metode ceramah
b.      Metode tanya jawab
c.       Metode diskusi
d.      Metode latihan
e.       Metode demonstrasi
f.       Metode penugasan
g.      Metode bermain

5.      Praktek Mengajar
Praktek mengajar merupakan aplikasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru praktikan, berupa persiapan mental, persiapan tertulis, media, serta metode pembelajaran. Pembelajaran yang dialakukan guru praktikan berkisar 70 menit (1-2 jam pelajaran) dengan 1 x pertemuan adalah 35 menit. Dalam kegiatan praktek mengajar, guru praktikan membagi atas tiga tahap, yaitu:
a.       Kegiatan tahap awal
Kegiatan awal merupakan kegiatan dasar yang dilakukan oleh guru sebelum masuk ke materi. Kegiatan ini berlangsung sekitar 5-10 menit sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang tersedia. Kegiatan tahap awal ini terdiri dari beberapa kegiatan penting, yaitu:
1)      Salam dan Doa
Tiap masuk ke kelas,  guru praktikan harus memulai dengan salam dan membaca doa yang dilakukan secara bersama-sama antara guru dan murid. Doa ini bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksakan di ridhoi oleh Allah Swt atau disebut dengan doa pembukaan.
2)      Absen
Setelah selesai doa dan salam, guru segera mengabsen siswa. Sehingga guru praktikan mengetahui siapa saja muridnya yang hadir dan tidak hadir. Absen ini dapat dilakukan dengan cara mengabsen satu persatu atau dengan cara menanyakan langsung kepada siswa siapa saja yang tidak hadir dan apa alasannya.
3)      Memberikan motivasi dan penyegaran
Sebelum memulai pelajaran, guru praktikan memberikan  motivasi kepada para siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar dan menuju ke arah yang lebih baik. Kegiatan motivasi tersebut dapat guru lakukan melalui cerita-cerita yang mendidik yang kaya akan nilai-nilai pendidikannya, ataupun menjelaskan ayat atau hadis yang berkaitan dengan pendidikan.
Selain motivasi, guru juga bisa memberikan penyegaran kepada para siswa. Penyegaran tersebut dapat berupa kuis sederhana atau cerita-cerita lucu yang dapat mengondorkan urat saraf siswa. Sehingga mampu membuat siswa untuk semangat kembali dalam belajar.
4)      Free tes (appersepsi) dan menjelaskan cakupan materi
Setelah siswa diberikan motivasi atau penyegaran, maka selanjutnya guru praktikan melakukan tes dasar murid atas materi-materi yang telah diajarkan pada minggu yang lalu. Agar siswa semangat dalam menjawab pertanyaan, maka guru harus memberikan nilai kepada siswa/murid yang bisa menjawab pertanyaan pada sesi pre tes. Setelah itu, barulah guru menjelaskan cakupan materi yang akan disampaikan.
5)      Menjelaskan tujuan pembelajaran
Setelah melakukan pre tes dan memjelaskan cakupan materi, guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar siswa mengetahui apa tujuan dari pelaksanaan proses belajar mengajar pada hari tersebut.
b.      Kegiatan inti
Kegiatan inti merupakan kegaiatan pokok yang dilaksanakan oleh guru praktikan. Kegiatan ini berkisar selama 50-60 menit tergantung jam pelajaran yang tersedia. Kegiatan berupa penyampaian materi. Guru praktikan harus bisa mengatur waktu sedemikian rupa sehingga materi yang telah disiapkan dapat tersampaikan dengan baik dalam waktu tersebut. Pada kegiatan ini guru memberikan materi dengan menggunakan alat bantu dan metode yang bervariasi.
c.       Kegiatan penutup
Kegiatan penutup memakan waktu sekitar 10-15 menit. Kegiatan penutup ini terdiri atas beberapa tahapan, yaitu :
1)      Kesimpulan
Setelah guru menjelaskan seluruh materi, kemudian tidak ada lagi pertanyaan dari siswa, maka selanjutnya guru bersama-sama siswa menarik kesimpulan dari materi yang telah disampaikan berupa poin-poin penting.
2)      Penugasan
Kemudian, guru praktikan memerintahkan kepada siswa/siwi untuk menutup buku mereka dan mengerjakan tugas berupa tes tertulis yang terdiri atas beberapa pertanyaan yang sederhana. Penugasan ini dimaksudkan agar siswa bisa memaksimalkan potensi otak mereka dengan cara mengingat dengan cepat dari materi yang disampaikan. Agar tugas yang diberikan segera dikerjakan oleh siswa, maka guru praktikan akan memberikan nilai dan setelah itu dibagikan kembali kepada para siswa.
3)      Doa dan salam
Setiap setelah selesai belajar, para siswa selalu berdoa dan diakhiri dengan salam. Hal ini dimaksudkan agar ilmu yang diperoleh oleh para siswa menjadi berkah dan tentunya bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Setelah selesai berdoa, para murid bersalaman kepada guru secara bergantian.
6.      Evaluasi
Setiap kali setelah mengajar di kelas, guru praktikan selalu di evaluasi oleh guru pamong. Adapun yang dievaluasi ialah kesesuaian antara RPP yang dibuat dengan pelaksanaan di kelas, metode dan media yang dipakai, serta penguasaan kelas.





BAB IV
LAPORAN TEMUAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN

1.      Identifikasi masalah
Selama kegiatan obseravsi dan proses mengajar di SD Negeri 160 seluma, guru praktikan menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran :
a.       Apabila berdo’a anak-anak tersebut tidak kompak, ada yang sudah selesai baca do’a dan ada yang belum selesai, sehingga anak-anak tersebut tidak fokus berdo’a.
b.      Para siswa kurang menghargai guru ketika mengajar di kelas, terutama anak laki-laki. Biasanya siswa lebih suka bermain ketika guru mengajar, cuek terhadap penjelasan guru, bahkan ada juga yang menganggap sepele mata pelajaran yang dijelaskan oleh guru tersebut. Selain itu juga, baik anak laki-laki maupun perempuan sering keluar masuk kelas ketika pelajaran berlangsung tanpa memperdulikan guru yang mengajar.
c.       Para siswa merasa mata pelajaran Tematik yang diajarkan sangat lah sulit sehingga susah untuk dipahami.
d.      Metode yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga saat guru pratikan menerapkan metode baru siswa tidak siap bahkan menolaknya.
e.       Para siswa merasa bosan dengan mata pelajaran tematik karena mereka merasa pelajaran Tematik susah di pahami dan membosankan  dan sering menghafal.
f.       Para siswa sering terlambat masuk setelah istirahat mekipun jam pelajaran telah masuk. Hal ini dikarenakan mereka merasa jenuh setelah selesai istirahat langsung belajar.
g.      Kebanyakan siswa ketika diberikan tugas tidak menyelesaikan tugas dengan baik bahkan ada juga yang tidak mengumpulkan tugas.


2.      Langkah-langkah yang ditempuh mengatasi masalah
Dari permasalahan yang ditemukan oleh para guru pratikan, maka dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh para guru praktikan antara lain:
a.       Guru praktikan mencoba untuk memberikan arahan bahwa berdo’a itu harus fokus dan tidak boleh dibuat seperti permainan, dan guru praktikan harus memandu anak-anak tersebut berdo’a.
b.      Guru praktikan mencoba untuk mendekati siswa yang tidak menghargai guru baik secara individu maupun seluruh murid yang ada di kelas secara persuasif. Melalui pendekatan persuasif ini membuat anak menjadi dekat dengan guru sehingga menjadi malu dan segan kepada guru praktikan. Selain itu juga, sebelum memulai pelajaran, guru praktikan melakukan pengelolaan kelas, misalkan mengatur tempat duduk anak-anak sehingga tidak terjadi keributan ketika proses pembelajaran berlangsung.
c.       Guru paktikan memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai pentingnya pelajaran Alqur’an supaya dapat memahami lingkungan sekitar.
d.      Guru pratikan tetap menerapkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran dan memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Walau awalnya terjadi penolakan tapi beriring waktu apalagi guru pratikan mendekati siswa dengan terlibat dalam metode yang dilakukan bahkan membimbing siswa secara langsung sehingga siswa merasa mempunyai kepercayaan diri untuk ikut terlibat dalam pembelajaran yang dilakukan.
e.       Untuk menghindari kebosanan para siswa ketika proses pembelajaran berlangsung maka guru praktikan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi ketika proses pembelajaran berlangsung. Bahkan guru praktikan berusaha dengan cara menerapkan metode bermain ketika proses pembelajaran berlangsung namun masih tetap terokus pada materi pelajaran. Selain itu juga untuk menghindari kejenuhan yang dirasakan oleh siswa, guru praktikan membuat media pelajaran yang sederhana namun menyenangkan.
f.       Guru praktikan menyadari bahwa anak-anak yang baru selesai istirahat suka banyak yang masuknya agak terlambat. Oleh karena itu, guru praktikan selalu memberikan motivasi atau penyegaran kepada para siswa tiap kali mau memulai pelajaran.
g.      Agar siswa lebih semangat dan lebih rajin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, maka guru praktikan senantiasa memberikan nilai terhadap tugas tersebut kemudian dibagikan kembali kepada siswa sehingga siswa mengetahui hasil pekerjaanya dan merasa bahwa tugas yang ia kerjakan tidak sia-sia.

3.      Hasil pemecahan masalah
Dari langkah-langkah pemecahan di atas, para guru praktikan mendapatkan hasil dari usaha yang dilakukannya. Adapun hasil dari pemecahan masalah yang dirasakan olah para guru praktikan antara lain:
a.       Setelah guru memberikan arahan kepada siswa dan memandu berdo’a siswa sudah mulai menunjukkan bagaimana adap yang baik ketika berdo’a.
b.      Setelah guru praktikan melakukan pendekatan persuasif dengan anak, akhirnya secara bertahap anak mulai dengan guru praktikan. Hal ini membuat untuk tidak berani bermain-main ketika guru praktikan menjelaskan, justru sebaliknya anak-anak memperhatikan dengan serius penjelasan dari guru praktikan.
c.       Memberikan Setelah guru praktikan memberikan penjelasan kepada siswa mengenai pentingnya pelajaran Tematik bagi siswa sendiri agar dapat memahami perkalian dan pembagian yang sudah di jelaskan oleh guru, serta siswa jaga memahami lingkungan yang ada di sekitar kita dan mudah dipahami apabila belajar dengan sungguh-sunggu. Dengan adanya penjelasan tersebut memberikan pengertian kepada para siswa mengenai pentingnya pelajaran Tematik.
d.      Siswa menjadi terbiasa dengan metode yang diterapkan oleh para guru praktikan dan antusias bila guru praktikan mengajar di kelas mereka bahkan siswa meminta para guru praktikan untuk mengajar di kelas mereka walau bukan pada jam pelajaran yang dipegang atau dibina oleh guru praktikan.
e.       Dengan adanya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi membuat siswa  tidak bosan terhadap pelajaran Tematik, justru mereka merasa bahwa pelajaran Tematik  adalah pelajaran yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh siswa. Apalagi ketika pelajaran tersebut menggunakan metode bermain namun tetap bermakna.
f.       Melalui motivasi dan penyegaran terhadap siswa sebelum memulai pelajaran mampu membuat keadaan kelas menjadi kondusif.  Siswa – siswa  yang semula sering terlambat masuk ke kelas saat pelajaran telah dimulai, ketika adanya cerita-cerita yang seru dan lucu atau melalui permainan yang sederhana membuat selalu masuk dengan cepat untuk mendengarkan motivasi dan penyegaran tersebut.
g.      Pemberian nilai terhadap tugas yang dikerjakan oleh anak kemudian membagikan kembali dan memberitahu nilai yang telah dikerjakan anak ternyata mampu memotivasi siswa untuk giat mengerjakan tugas. Namun tetap saja masih ada anak yang tidak mau atau tidak selesai dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru praktikan.

4.      Analisis dan tindak lanjut hasil pemecahan masalah
Pengajaran dan berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya bisa dirasakan bahwa cara-cara di atas cukup berhasil untuk mengatasi sedikit masalah yang berhubungan dengan permasalahan pembelajaran. Cara-cara pemecahan masalah yang telah diterapkan tersebut harus selalu dikerjakan sesuai dengan kondisi siswa. Jika siswa yang diajar sudah jenuh dengan cara-cara tersebut, maka guru harus mengambil tindakan lain dengan cara melakukan teknik-teknik baru agar siswa bisa terfokus dan menyenangkan selama proses pembelajaran berlangsung dan pemanfaatan media benar-benar sangat membantu kegiatan pembelajaran bahkan mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Pemilihan metode yang sesuai serta didukung oleh penggunaan media yang tepat, proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Pembelajaran yang dilakukan menjadi wadah siswa untuk mengembangkan pemikirannya dan menjadi pengalaman yang bermakna bagi siswa. Keaktifan siswapun semakin meningkat karena motivasi untuk belajar dan terlibat dalam pembelajaran semakin tinggi pada diri siswa, apa lagi adanya daya saing yang sehat antara siswa.















BAB V
PELAKSANAAN PRAKTEK NON TEACHING

Selain kegiatan  observasi dan pelaksanaan praktek mengajar, guru praktikan juga melaksanakan kegiatan/praktek non teaching selama melaksanakan Laporan Pendidikan dan Pengajaran yang dilaksanakan di  SD Negeri 160 Seluma. Adapun kegiatan/ praktek non teaching yang dilakukan oleh guru praktikan dari IAIN Bengkulu terdiri atas:
1.      Membantu Pelaksanaan Upacara Bendera
Guru praktikan juga turut serta membantu dalam pelaksanaan upacara bendera di SD Negeri 160 Seluma. Upacara di laksanakan pada hari senin pagi. Guru praktikan datang lebih awal untuk melatih para petugas upacara dan mengkoordinirkan barisan para peserta upacara dan kemudan guru praktikan berbaris bersama para dewan guru dan seluruh staf di SD Negeri 160 Seluma.
2.      Membantu Pelaksanaan Muhadoroh
Muhadoroh di laksanakan pada hari jumat. Guru praktikan di tugaskan untuk mengkoordinir para siswa dan siswi dilapangan SD Negeri 160 Seluma dalam mempersiapkan penampilan – penampilan  di acara muhadhoroh tersebut.
3.        Membantu Pelaksanaan Senam Sabtu
Senam sabtu dilaksanakan dari kelas satu sampai kelas enam dan diikuti oleh semua guru-guru SD Negeri 160 Seluma. Dan lanjut dengan masuk kelas seperti biasa.






BAB VI
PENUTUP

1.        Kesimpulan
Pelaksanaan observasi lapangan merupakan kegiatan awal pelaksanaan Laporan Pendidikan dan Pengajaran dilanjutkan dengan pelaksanaannya belajar mengajar di SD Negeri 160 Seluma, penulis merasa hal yang berbeda setelah terjun ke lapangan dan akan berhadapan secara langsung dengan siswa merupakan suatu tanggung jawab seorang calon guru.
Dalam pelaksanaan Laporan Pendidikan dan Pengajaran, penulis dapat menyimpulkan bahwa, bersosialisasi secara langsung kepada pihak sekolah merupakan sosialisasi yang sangat membanggakan bagi seorang calon guru untuk mengenal lebih awal tentang keadaan suatu sekolah dengan beraneka ragam bentuk serta prasarana dan administrasi tentang dunia pendidikan yang sebenarnya.
Di dalam suatu sekolah bukanlah berarti kita selalu mengenali pendidikan saja akan tetapi seluruh dunia yang berada di lingkungan sekolah ataupun masyarakat di sekitarnya.
Kabupaten Seluma sudah sesuai dengan perkembangannya sudah mulai meningkat, hal ini dapat dilihat dengan jelas penataan-penataan dan penambahan dari berbagai sarana baik itu menyangkut masalah edukatif ataupun masalah personalia dalam pendidikan.
Setelah penulis mengadakan observasi dan praktik langsung dilapangan yang berlangsung di SD Negeri 160 Seluma dapatlah penulis simpulkan secara sistematis antara lain sebagai berikut:
a.       Pelaksanaan kegiatan pendidikan di SD Negeri 160 Seluma sudah baik.
b.      Masalah tenaga pendidiknya sudah cukup baik, demikian juga dengan tenaga administrasinya.
c.       Dalam interaksi belajar mengajar berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari angka kelulusan yang baik.
d.      Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran yang terlaksana di SD Negeri 160 Seluma Alhamdulillah berakhir dengan kesan yang baik.
e.       Semua pihak di Sekolah SD Negeri 160 Seluma sangat mendukung kegiatan Laporan Pendidikan dan Pengajaran, baik Kepala Sekolah, dewan guru, staf tata usaha, begitu pula dengan siswanya sendiri menyambut baik keberadaan mahasiswa dalam kegiatan Laporan Pendidikan dan Pengajaran.

2.        Saran
Setelah melaksanakan observasi ini, penulis berharap agar pihak sekolah tetap menjaga kebersihan sekolah, serta meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Kedisiplinan yang dimulai dari siswa itu sendiri yang dapat melatih diri mereka agar dapat lebih disiplin, baik disiplin waktu maupun disiplin waktu atau yang lainnya.
Dari laporan Pendidikan dan Pengajaran di SD Negeri 160 Seluma ini  mungkin terdapat banyak sekali kesalahan dan kekurangan, baik itu dari segi penulisan Laporan Pendidikan dan Pengajaran, RPP dan tingkah laku kami semasa di SD Negeri 160 Seluma, karena itu kami mengharap saran serta masukannya dari para pembaca dan para guru-guru sekolah yang bersifat membangun agar kami bisa belajar lebih baik lagi. Dan tak lupa pula kami mengucapkan banyak terima kasih kepada guru Guru Pamong dan dosen pembimbing lapangan (DPL) serta semua pihak yang selalu memberi arahan, fasilitas dan selalu memberi yang terb aik bagi kami.
L
A
M
P
I
R
A
N

GAMBAR 1.1
Konsultasi PPL
GAMBAR 1.2
Upacara Bendera
GAMBAR 1.3
Kultum Jumat
 










Gambar 1.4
Proses belajar mengajar
 











Gambar 1.5
Proses belajar mengajar













Gambar 1.6
Kebersihan Lingkungan Sekolah










Gambar 1.7
Senam Sehat sabtu

 













Gambar 1.8
Perpisahan dengan Guru-guru dan Siswa/siswi SDN 160 Seluma

 












Gambar 1.9
Foto bersama guru SDN 160 Seluma


PROGRAM SEMESTER

Sekolah            : SDN 160 Seluma                                                                                                                                                                   Tahun Pelajaran : ...............    
Kelas/ Semester             : III / I                                                                                                            
No.
Tema
Sub Tema
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.

1.Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
1.      Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
2.      Perkembangbiakan Tumbuhan
3.      Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka
4.      Kegiatan Berbasis Proyek
 JP


 JP

 JP


JP






































ULANGAN AKHIR TEMA/REMIDI
































UTS  I
































JUMLAH































.                                  
Mengetahui,
Guru Pamong



ROMDIYAH, S.Pd
NIP. 19620914 198204 2 002

Lokasi Baru,   Juli 2019
Mahasiswa



NIKEN PURNAMA SARI
NIM.1611260008


PROGRAM  TAHUNAN
KELAS : III

No.
Semester
Tema
Sub Tema
Alokasi Waktu
1
I
1. Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
5.       Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
6.       Perkembangbiakan Tumbuhan
7.       Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka
8.       Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
 28 JP
28 JP
2.  Perkembangan Teknologi
1.       Perkembangan Teknologi Pangan
2.       Perkembangan Teknologi Komunikasi
3.       Perkembangan Teknologi Transportasi
4.       Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
3.  Perubahan di alam
1.       Perubahan Wujud Benda
2.       Perubahan Iklim dan Cuaca
3.       Perubahan Musim
4.       Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
4.  Peduli Lingkungan Sosial
1.       Lingkungan Sosialku
2.       Permasalahan di Lingkungan Sosial
3.       Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial
4.       Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
2
II
5.   Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
1.  Olah Raga Tradisional
2.  Permainan Tradisional
3.  Melestarikan Permainan dan Olah Raha Tradisional
4.   Proyek Indahnya Persahabatan

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
6.   Indahnya Persahabatan
1.   Temanku Sahabatku
2.   Tumbuhan Sahabatku
3.   Sahabat Satwa
4.   Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
7.  Energi dan Perubahannya
1.   Sumber Energi
2.   Perubahan Energi
3.   Energi Alternatif
4.   Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
8.  Bumi dan Alam Semesta
1.   Bumi Bagian Dari Alam Semesta
2.   Kenampakan Rupa Bumi
3.   Perubahan Rupa Bumi
4.   Kegiatan Berbasis Proyek

28 JP
28 JP
28 JP
28 JP
Jumlah
JP
                                               

      Mengetahui,
      Guru Pamong,




      ROMDIYAH, S.Pd
NIP. 19620914 198204 2 002

Lokasi Baru,   Juli 2019
    Mahasiswa




NIKEN PUNAMA SARI
  NIM. 161126008




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SD Negeri 160 Seluma
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan (Tema 1)
Sub Tema                    :  Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
1.2




2.2    
Meresapi keagungan Tuhan Yang  Maha Esa  atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.

Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta me-rawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.


3.2







4.2 




Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·         Mengidentifikasi isi teks tentang petunjuk cara perkembangbiakan hewan.
·         Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.

·         Menuliskan tahapan perkembangbiakan hewan.
·         Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan..



Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
1.1 


2.1    
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.


3.1 



4.2


Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.

Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta  memeriksa kebenaran jawabnya.
·         Membaca dan menuliskan bilangan 1.000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)

·         Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000.

Muatan :SBdP
No
Kompetensi
Indikator
1.1 



2.1 



2.3  
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.

Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.

Menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab, dan kepedulian
terhadap alam sekitar melalui karya
seni.


3.1

4.1 


Mengenal karya seni gaya dekoratif.

Menggambar dekoratif dengan
mengolah   perpaduan garis, warna,
bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
·         Menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif buatan sendiri di atas media kertas.
·         Mewarnai pola gambar dekoratif buatan sendiri.

C.    TUJUAN
  1. Dengan membaca teks tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dengan benar.
  2. Dengan kegiatan ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan dengan benar.
  4. Dengan mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap tahapan perkembangbiakan dengan benar.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak hewan dengan benar.
  6. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  7. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  8. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.
  9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
  10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif dengan benar.
  11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi.                           

D.    MATERI
1.      Bacaan teks cara perkembangbiakan hewan
2.      Tahapan perkembangbiakan ayam,
3.      Menentukan nilai dan tempat bilangan
4.      mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                :, Pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi dan praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak, bernyanyi lagu yang relevan, game opening dan kata-kata positif yang memotivasi.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa kesiapan siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
























Membaca
1.         Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi jenis hewan.
2.         Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan tentang pengalaman melihat hewan tersebut.
3.         Siswa membaca teks yang menjelaskan berbagai cara perkembangbiakan hewan.
4.         Hewan memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur.
5.         Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
Mengamati:
1.         Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah
2.         Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah
3.         Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing.

Menulis:
1.         Siswa mengamati gambar tahapan perkembang-biakan ayam.
2.         Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
3.         Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
4.         Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
5.         Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
6.         Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
7.         Siswa bekerja secara berkelompok.
8.         Siswa mencari beberapa contoh induk dan anak hewan yang memiliki rupa dan bentuk yang sama juga yang berbeda.
9.         Berapa lama perbedaan itu terjadi pada tahapan perkembangan hewan.
10.     Siswa menuliskan hasil diskusi di buku masing-masing.
11.     Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
12.     Siswa saling memeriksa dan membandingkan hasil pendataan dari setiap kelompok.
Bertanya:
1.         Siswa membaca informasi tentang adanya perbedaan sebutan untuk induk dan anak hewan pada suatu daerah.
2.         Siswa mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah lainnya..
Berlatih:
1.         Siswa mengenal manfaat dan pentingnya ke-beradaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.
2.         Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
3.         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan. Siswa mengenal manfaat dan pentingnya ke-beradaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.



4.         Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
5.         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan.
6.         Angka 1 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ribuan, dan bernilai 1.000.
7.         Angka 2 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ratusan, dan bernilai 200.
8.         Angka 5 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat puluhan, dan bernilai 50.
9.         Angka 0 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat satuan, dan bernilai 0
10.     Lambang bilangan 1.250 dibaca seribu dua ratus lima puluh.
11.     Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh.
12.     Siswa berlatih menemukan cara yang paling mudah dalam membaca lambang bilangan ribuan. Lalu menuliskan pada tempat yang tersedia.
Berkarya:
1.         Siswa mengamati berbagai benda yang memiliki motif hewan yang ada di sekitar.
2.         Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.
3.         Siswa menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih tampak.
4.         Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar.
5.         Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.
6.         Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.
7.         Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.
Bercerita:
1.         Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan.
2.         Siswa bercerita secara bergantian
3.         Cerita bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku

150 menit



Penutup
Menyimpulkan secara bersama-sama:
·         Cara berkembang biak hewan
·         Manfaat yang diperoleh dari proses perkembangbiakan hewan adalah [menjaga kelangsungan hewan dan pemenuhan kebutuhan manusia].

Salam dan do’a penutup.

15 menit
G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta anaknya.
  3. Pola gambar hewan untuk dijiplak.
  4. Alat mewarnai.
  5. Karton.
  6. Gunting. 

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1. Penilaian Sikap
2.  Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
  Skor setiap soal 2.
  Benar semua 2 x 4 = 8
b.  Memasangkan nama dan lambang bilangan
  Skor setiap soal 1.
  Benar semua 10 x 1 = 10
3.  Penilaian Keterampilan
a.  Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam
3. Tugas soal cerita dan soal latihan pecahan diperiksa kebenarannya dan
diberikan skor.


a.  Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam
b.  Rubrik Membuat Gambar Dekoratif

4. Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….



    Mengetahui,
    Guru Pamong,




    ROMDIYAH, S.Pd
NIP. 19620914 198204 2 002

              Lokasi Baru,   Juli 2019
  Mahasiswa




NIKEN PUNAMA SARI
  NIM. 161126008




SILABUS
Satuan Pendidikan                  : SDN 160 Seluma
Kompetensi Inti                     

KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Mata Pelajaran
KOMPETENSI DASAR
KETERANGAN
KI 1
KI 2
PPKn
1.1     Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2     Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
2.2     Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.3     Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
·    Pembelajaran pada KD KI 1 dan  KI2 terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching
·    Penilaian hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik).
Bahasa Indonesia
1.1     Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2     Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1     Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2     Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3     Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4     Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5     Memiliki kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
Matematika
1.1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2     Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3     Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
Seni Budaya dan Prakarya
1.1     Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
2.1     Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2     Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
2.3     Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1.1     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1     Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2     Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3     Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4     Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5     Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6     Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7     Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.




Guru Pamong



ROMDIYAH, S.Pd
NIP.19620914 1998204 2 002

Lokasi Baru, 20 Juli 2019
Mahasiswa



Niken Purnama Sari
NIM. 1611260008



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL “KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS DI INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA DARI MASA KEMASA”

MAKALAH PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL   “KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS DI INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA DARI MASA KEMASA” DI...